Langsung ke konten utama

Instagram menguji fitur verifikasi usia melalui video selfie dan vote suara

Di AS, Instagram telah mulai menguji cara baru untuk memverifikasi usia Anda. Selain hanya mengunggah ID Anda, metode yang mungkin memerlukan waktu hingga dua hari untuk memverifikasi, kini Anda memiliki dua opsi lagi.

Yang pertama adalah mengambil video selfie. Petunjuk di layar akan memandu Anda melalui proses jika Anda memilih opsi ini. Setelah Anda mengambil video, itu hanya dibagikan dengan Yoti, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam verifikasi usia, dan mitra Instagram dalam usaha ini. Teknisi Yoti memperkirakan usia Anda berdasarkan fitur wajah Anda dan kemudian video tersebut akan dihapus. Hasil bisa memakan waktu 20 menit.

Opsi kedua adalah vouching sosial, yang persis seperti apa kedengarannya - Anda harus meminta pengikut bersama untuk mengonfirmasi berapa usia Anda. Orang yang melakukan vouching harus berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang melakukan vouching untuk orang lain pada saat itu. Ada juga perlindungan lain yang tidak diungkapkan. Anda harus memilih tiga orang untuk menjamin Anda, dan mereka harus menanggapi permintaan tersebut dalam waktu tiga hari.

Instagram ingin mengetahui berapa usia Anda karena dua alasan: pertama, karena Anda harus berusia di atas 13 tahun untuk menggunakannya (di beberapa negara bahkan lebih tua). Kedua, agar aplikasi menyesuaikan pengalamannya dengan Anda. Misalnya, jika Anda berusia 13 hingga 17 tahun, akun Anda akan diatur secara default ke kontak pribadi dan kontak yang tidak diinginkan dari orang dewasa yang tidak Anda kenal akan dibatasi, begitu pula opsi yang dimiliki pengiklan untuk menghubungi Anda dengan iklan.


Rekomendasi