Langsung ke konten utama

Berapa fps untuk video youtube?

Apa itu Frame Rate dan Mengapa Itu Penting?

Kecepatan bingkai, umumnya dikenal sebagai Frame Per Second (FPS), mengacu pada jumlah gambar yang muncul di layar/tampilan. Semakin banyak frame per detik yang ditampilkan, semakin baik kualitas video dalam istilah yang lebih sederhana.


Perlu Layar yang Lebih Baik

Anda harus tahu bahwa menonton video FPS yang lebih tinggi membutuhkan tampilan dan layar yang mumpuni. Kemampuan layar diukur dalam kecepatan refresh, yang dilambangkan dengan hertz(Hz). Refresh rate menunjukkan berapa kali gambar di-refresh pada tampilan per detik.

Misalnya, jika layarnya 60hz, ia dapat melihat video 60FPS dalam kejayaannya yang sebenarnya. Video dengan jumlah FPS yang lebih tinggi akan sia-sia untuk dilihat pada layar 60hz.

Secara teknis Anda dapat memutar video dengan kecepatan bingkai yang lebih tinggi, katakanlah 120FPS pada tampilan biasa, tetapi Anda tidak akan melihat perbedaan apa pun dalam video tersebut. Kecepatan bingkai yang berbeda memberikan pengalaman menonton yang berbeda. Memilih frekuensi gambar yang tepat memiliki dampak signifikan pada pengalaman menonton Anda.

Kesamaan Mata Manusia dan FPS

Seperti yang kita ketahui, mata manusia dapat membedakan antara 12 gambar bergerak sebelum mulai muncul dalam gerakan siam. Begitu frame per detik mencapai angka 18, otak kita mulai menghubungkan frame dan mulai berpikir bahwa gambar itu bergerak.

Dengan frame rate yang lebih rendah (di bawah 24 FPS), Anda akan mengalami kualitas yang terputus-putus, dan video akan tampak seperti tertinggal secara real-time.

Sebagai fakta sejarah, 24FPS untuk film pada awalnya disetujui pada tahun 1926 oleh para proyeksionis, ketika film menjadi perbincangan.

Ini adalah jumlah bingkai paling sedikit sebelum video menjadi bergerigi, menghindari kesalahan teknis, dan secara ekonomis dapat diproduksi pada kecepatan bingkai seperti itu.

Frame Rate yang Paling Umum Digunakan

Pelopor penemuan Thomas Edison menekankan 46 FPS sebagai kecepatan bingkai dasar untuk gambar bergerak, dan apa pun yang kurang dari itu akan "membuat mata tegang." Jelas, proyektor dan talkie pada saat itu bergerak antara 22-26 FPS, karena kemampuan beradaptasi audio dengan nuansa video 35mm.

Kecepatan bingkai yang paling umum digunakan bervariasi di berbagai genre, tampilan, dan media hiburan. Lihat berikut ini.

1-16FPS

Film era bisu dibuat dalam 8-16FPS. Di zaman modern, digunakan untuk memancarkan era film bisu.

Film stop-motion umumnya direkam dalam 16 FPS dan dipercepat untuk menciptakan efek gerakan yang bagus untuk mata.

24FPS

Kecepatan bingkai yang diterima secara universal untuk film, yang memberikan detail lebih besar dari kehidupan nyata dalam video. Secara teknis kecepatan bingkai adalah 23,97, berdasarkan NTSC karena masalah warna dan corak yang dikoreksi menggunakan FPS yang diperkecil.

Ini berfungsi untuk lanskap bersama dengan dialog yang dimainkan secara bersamaan.

25FPS

25FPS adalah standar Eropa yang dikenal sebagai PAL , juga standar Internet, kompatibel dengan TV di seluruh Eropa.

30FPS

Di sini kita berbicara tentang kecepatan bingkai standar untuk acara TV dan saluran olahraga. 30 FPS membantu memberikan nuansa video gerak lambat untuk siaran olahraga dan objek yang bergerak cepat dalam video biasa.

60FPS

60FPS sangat mengurangi kekaburan gerakan dibandingkan dengan 24-30FPS. Video 24-30FPS mengompensasi ketidakstabilannya dengan menambahkan keburaman pada layar untuk mempelajari lebih jauh frame rate yang lebih rendah.

120FPS

Bicara tentang kemegahan dan rekaman monumental ketika 120FPS disebutkan. Frame rate tertinggi sangat ideal untuk merekam cuplikan gerak lambat yang menakjubkan, bersama dengan bidikan untuk membangun pemandangan atau mengatur nada untuk rekaman.

Lebih dari 120FPS

Ultra HFR yang melampaui 120. Pitstop berikutnya adalah 240FPS, yang idealnya digunakan untuk video ultra slow-motion. Merekam 240FPS saat ini hanya dimungkinkan pada kamera pengambilan berkecepatan tinggi yang melibatkan gambar, objek, gerakan, dan banyak lagi yang bergerak cepat.

Berapa Frame Rate yang Harus Saya Gunakan untuk YouTube?

YouTube merekomendasikan dan mendukung 24 hingga 60FPS dengan dukungan video maksimum 8K (baru-baru ini ditambahkan). Kecepatan bingkai akan bervariasi sesuai dengan sifat konten, audiens target, dan peralatan kamera. Mari kita lihat frame rate yang paling umum digunakan oleh berbagai genre YouTuber.

Podcast Video/Talk Show – 30FPS

Lihatlah MKBHD atau Vlogbrothers, dalam hal ini. Video lambat, sebagian besar diam dengan gerakan tangan sering kali memilih 25-30FPS di semua videonya, mulai dari 360p hingga 4K.

Video terlihat tajam dengan resolusi tinggi seperti 720p ke atas, tergantung pada resolusi yang didukung di layar Anda.

Video Permainan – 60FPS

Game menuntut lebih banyak FPS. Jika tidak, mereka terlihat berombak. Faktanya, memainkan game grafis modern apa pun di bawah 30FPS terasa lamban,

Beralih ke orang pertama, dan 60FPS terasa pas. Gamer konsol bisa ikutan yang satu ini. Gamer YouTuber populer seperti Shroud dan Ninja mempublikasikan konten mereka di 60FPS untuk 720p ke atas (sebagaimana didukung oleh YouTube).

Tutorial Rias – 60FPS

Jika Anda ingin kejelasan video ekstra agar pemirsa mengetahui apa yang Anda lakukan, 60FPS akan menjadi pilihan terbaik.

Meskipun 30FPS terasa baik-baik saja, ada rasa blur di sebagian besar smartphone yang mampu 60FPS.

Video Tutorial Pembelajaran dan Akademik – 24-30FPS

Ketika satu-satunya tujuan video adalah untuk mengajarkan topik atau subjek tertentu kepada penonton, frame rate ekstra mungkin akan sia-sia. Apa pun antara 24 hingga 30FPS seharusnya baik-baik saja, mengingat jumlah animasi yang layak untuk penjelasan juga dapat diakomodasi dalam bingkai yang diberikan.

Saluran Kebugaran dan Kesehatan – 24-30FPS

Apakah Anda ingin latihan gerakan lambat pada 60FPS? Kabar baiknya adalah bahwa 30FPS bekerja dengan baik untuk itu juga. Faktanya, banyak saluran kebugaran populer mempublikasikan video pada 24FPS, lebih fokus pada kamera dan peralatan.

Kunjungi saluran populer seperti Athlean-X dan Yoga with Adrienne; keduanya tetap menggunakan 24 FPS untuk video mereka.

Video Olahraga – 40-60FPS

Video olahraga akan meminta tampilan terbaik dengan jelas, dibumbui dengan momen slow-mo di sana-sini. Gerakan cepat dalam permainan olahraga apa pun dapat dihancurkan dengan FPS yang lebih rendah, memberikan pengalaman yang agak berombak.

Apa pun di atas 30, berkisar antara 40 hingga 60FPS, menempatkan Anda dalam olahraga yang manis untuk menyertakan momen gerak lambat permainan.



Rekomendasi