Langsung ke konten utama

Ponsel saya dicuri, apa yang harus saya lakukan pada akun Telegram?

 

Ponsel saya dicuri, apa yang harus saya lakukan pada akun Telegram?

Pertama-tama, maaf tentang telepon Anda. Sayangnya, nomor telepon adalah satu-satunya cara bagi kami untuk mengidentifikasi pengguna Telegram saat ini. Kami tidak mengumpulkan informasi tambahan tentang Anda, jadi siapa pun yang memiliki nomornya, memiliki akunnya. Ini berarti kami tidak dapat membantu Anda kecuali Anda memiliki akses ke nomor telepon atau Telegram itu sendiri di salah satu perangkat Anda.

Saya memiliki akses ke Telegram di perangkat lain
  1. Buka Pengaturan Telegram > Privasi dan Keamanan dan aktifkan Verifikasi Dua Langkah. Dengan cara ini nomor telepon saja tidak akan cukup untuk masuk ke akun Anda.
  2. Buka Pengaturan> Perangkat (atau Privasi & Keamanan> Sesi Aktif) dan akhiri sesi Telegram Anda di perangkat lama. Siapa pun yang memiliki ponsel Anda tidak akan dapat masuk lagi, karena mereka tidak mengetahui kata sandi Anda.
  3. Hubungi penyedia telepon Anda, sehingga mereka memblokir SIM lama Anda dan mengeluarkan yang baru dengan nomor Anda.
  4. Jika Anda memutuskan untuk beralih ke nomor telepon baru, jangan lupa untuk pergi ke Pengaturan, ketuk nomor telepon Anda dan ubah nomor Telegram Anda ke yang baru.
Saya tidak memiliki akses ke Telegram di perangkat lain
  1. Pertama dan terpenting, Anda perlu menghubungi penyedia telepon Anda, sehingga mereka memblokir SIM lama Anda dan mengeluarkan yang baru dengan nomor Anda.
  2. Tunggu hingga Anda menerima SIM baru dengan nomor lama, masuk ke Telegram, lalu buka Pengaturan > Perangkat (atau Privasi & Keamanan > Sesi Aktif) dan akhiri sesi Telegram Anda di perangkat lama.
Menghapus data sensitif

Pencuri biasa biasanya segera membuang kartu SIM (ponsel lebih sulit ditemukan dengan cara ini), lalu menghapus perangkat dan menjualnya, jadi tidak ada banyak risiko untuk data jika terjadi pencurian kecil-kecilan. Tetapi jika Anda memiliki alasan untuk khawatir tentang data di perangkat dan tidak dapat keluar dari perangkat lain, sebaiknya Anda menghapusnya dari jarak jauh. Anda dapat membaca lebih lanjut di sini: Apple iOSAndroidSayangnya, ini mengharuskan Anda untuk mempersiapkan terlebih dahulu untuk skenario ini.

Anda dapat menghapus akun Telegram Anda jika Anda masuk setidaknya di salah satu perangkat Anda yang lain (seluler atau desktop). Perhatikan bahwa akun Telegram yang tidak aktif akan hancur sendiri secara otomatis setelah jangka waktu tertentu — 6 bulan menjadi pengaturan default.

Artikel Populer