Langsung ke konten utama

Apa perbedaan obrolan rahasia di Telegram?

 

Apa perbedaan obrolan rahasia di Telegram?

Obrolan rahasia dimaksudkan untuk orang-orang yang menginginkan lebih banyak kerahasiaan daripada orang biasa. Semua pesan dalam obrolan rahasia menggunakan enkripsi ujung ke ujung. Ini berarti hanya Anda dan penerima yang dapat membaca pesan tersebut — tidak ada orang lain yang dapat menguraikannya, termasuk kami di sini di Telegram (selengkapnya tentang ini di sini). Selain itu, Pesan tidak dapat diteruskan dari obrolan rahasia. Dan saat Anda menghapus pesan di sisi percakapan Anda, aplikasi di sisi lain obrolan rahasia akan diperintahkan untuk menghapusnya juga.

Anda dapat memesan pesan, foto, video, dan file Anda untuk dihancurkan sendiri dalam jangka waktu tertentu setelah dibaca atau dibuka oleh penerima. Pesan tersebut kemudian akan hilang dari perangkat Anda dan teman Anda.

Semua obrolan rahasia di Telegram adalah khusus perangkat dan bukan bagian dari cloud Telegram. Ini berarti Anda hanya dapat mengakses pesan dalam obrolan rahasia dari perangkat asalnya. Mereka aman selama perangkat Anda aman di saku Anda.

Bagaimana cara memulai obrolan rahasia di Telegram?

Buka profil pengguna yang ingin Anda hubungi. Ketuk '…', lalu 'Mulai Obrolan Rahasia'.

Ingat bahwa obrolan rahasia Telegram adalah khusus perangkat. Jika Anda memulai obrolan rahasia dengan seorang teman di salah satu perangkat Anda, obrolan ini hanya akan tersedia di perangkat tersebut. Jika Anda keluar, Anda akan kehilangan semua obrolan rahasia Anda. Anda dapat membuat obrolan rahasia sebanyak mungkin dengan kontak yang sama sesuka Anda.

Bagaimana cara kerja pesan penghancuran diri di Telegram?

Self-Destruct Timer tersedia untuk semua pesan di Obrolan Rahasia dan untuk media di obrolan awan pribadi.

Untuk mengatur timer, cukup ketuk ikon jam (di kolom input di iOS, bilah atas di Android), lalu pilih batas waktu yang diinginkan. Jam mulai berdetak saat pesan ditampilkan di layar penerima (mendapat dua tanda centang). Segera setelah waktu habis, pesan menghilang dari kedua perangkat. Kami akan mencoba mengirimkan pemberitahuan jika tangkapan layar diambil.

Harap dicatat bahwa penghitung waktu di Obrolan Rahasia hanya berlaku untuk pesan yang dikirim setelah penghitung waktu disetel. Ini tidak berpengaruh pada pesan sebelumnya.

Dapatkah saya memastikan bahwa mitra percakapan saya tidak mengambil tangkapan layar di Telegram?

Sayangnya, tidak ada cara antipeluru untuk mendeteksi tangkapan layar pada sistem tertentu (terutama, beberapa perangkat Android dan Windows Phone). Kami akan melakukan segala upaya untuk memperingatkan Anda tentang tangkapan layar yang diambil di Obrolan Rahasia Anda, tetapi masih mungkin untuk melewati pemberitahuan tersebut dan mengambil tangkapan layar secara diam-diam. Kami menyarankan untuk membagikan informasi sensitif hanya dengan orang yang Anda percayai. Lagi pula, tidak ada yang bisa menghentikan seseorang mengambil gambar layar mereka dengan perangkat lain atau kamera jadul.

Apa itu 'Kunci Enkripsi' di Telegram?

Saat obrolan rahasia dibuat, perangkat yang berpartisipasi bertukar kunci enkripsi menggunakan apa yang disebut pertukaran kunci Diffie-HellmanSetelah koneksi ujung-ke-ujung yang aman dibuat, kami membuat gambar yang memvisualisasikan kunci enkripsi untuk obrolan Anda. Anda kemudian dapat membandingkan gambar ini dengan yang dimiliki teman Anda — jika kedua gambar itu sama, Anda dapat yakin bahwa obrolan rahasia itu aman, dan tidak ada serangan man-in-the-middle yang berhasil.

Versi aplikasi Telegram yang lebih baru akan menampilkan gambar yang lebih besar bersama dengan representasi tekstual dari kunci (ini bukan kunci itu sendiri, tentu saja!) ketika kedua peserta menggunakan aplikasi yang diperbarui.

Selalu bandingkan visualisasi menggunakan saluran yang dikenal aman — paling aman jika Anda melakukannya secara langsung, dalam rapat offline dengan mitra percakapan.

Mengapa tidak membuat semua obrolan 'rahasia' saja di Telegram?

Semua pesan Telegram selalu dienkripsi dengan aman. Pesan dalam Obrolan Rahasia menggunakan enkripsi klien-klien, sedangkan Obrolan Cloud menggunakan enkripsi klien-server/server-klien dan disimpan terenkripsi di Telegram CloudHal ini memungkinkan pesan cloud Anda menjadi aman dan langsung dapat diakses dari perangkat mana pun – bahkan jika Anda kehilangan perangkat sama sekali.

Masalah memulihkan akses ke riwayat obrolan Anda pada perangkat yang baru terhubung (misalnya ketika Anda kehilangan ponsel) tidak memiliki solusi elegan dalam paradigma enkripsi ujung ke ujung. Pada saat yang sama, pencadangan yang andal adalah fitur penting untuk semua messenger pasar massal. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa aplikasi (seperti Whatsapp dan Viber) mengizinkan pencadangan yang dapat didekripsi yang membahayakan privasi penggunanya – bahkan jika mereka sendiri tidak mengaktifkan pencadangan. Aplikasi lain mengabaikan kebutuhan akan pencadangan sama sekali dan membuat penggunanya rentan terhadap kehilangan data.

Kami memilih pendekatan ketiga dengan menawarkan dua jenis obrolan yang berbeda. Telegram menonaktifkan pencadangan sistem default dan memberi semua pengguna solusi pencadangan terintegrasi yang berfokus pada keamanan dalam bentuk Obrolan Awan. Sementara itu, entitas terpisah dari Obrolan Rahasia memberi Anda kendali penuh atas data yang tidak ingin Anda simpan.

Hal ini memungkinkan Telegram untuk diadopsi secara luas di kalangan luas, tidak hanya oleh para aktivis dan pembangkang, sehingga fakta sederhana penggunaan Telegram tidak menandai pengguna sebagai target untuk pengawasan yang lebih ketat di negara-negara tertentu. Kami yakin bahwa pemisahan percakapan menjadi obrolan Cloud dan Rahasia mewakili solusi paling aman yang saat ini mungkin dilakukan untuk aplikasi perpesanan yang sangat populer.

Artikel Populer